SIMULASI TWO PERSON ZERO SUM GAME DALAM MEREKRUT ANGGOTA UKM PADA STMIK PROFESIONAL MAKASSAR

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sitti Arni

Abstract

Sosialisasi dan proses rekruitment yang dijalankan oleh UKM bidang Penalaran hampir sama, sehingga setiap UKM harus memilih dan menjalankan strategi yang dipercaya akan menghasilkan kemenangan. Metode penelitian yang digunakan adalah teori permainan yang menerapkan model matematika yang digunakan dalam situasi konflik atau persaingan antara berbagai kepentingan yang saling berhadapan sebagai pesaing. Teori ini untuk menganalisis proses pengambilan keputusan dari situasi persaingan yang berbeda-beda, dan melibatkan dua atau lebih kepentingan. Keuntungan bagi yang satu merupakan kerugian bagi yang lain. Tiap peserta memilih dan melaksanakan strategi yang dipercaya akan menghasilkan kemenangan. Setiap pemain dianggap mempunyai kemampuan untuk mengambil keputusan secara bebas dan rasional.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menentukan strategi yang akan dijalankan oleh pemain dalam merekrut anggota UKM bidang penalaran serta menentukan nilai masing-masing strategi dan nilai permainannya.  Target yang ingin dicapai adalah bagaimana menerapkan strategi baru sehingga meningkatkan jumlah peminat terhadap UKM yang dibina. Adapun strategi yang dijalankan adalah strategi campuran dengan alokasi pada masing-masing strategi dan nilai permainan adalah UKM Y mengalokasikan sepenuhnya pada strategi MABA tanpa melakukan Pelatihan sedangkan UKM X mengalokasikan  bagian pada strategi MABA dan  bagian pada strategi PELATIHAN

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sitti Arni. (1). SIMULASI TWO PERSON ZERO SUM GAME DALAM MEREKRUT ANGGOTA UKM PADA STMIK PROFESIONAL MAKASSAR. Jurnal Informatika Progres, 6(1), 7-18. https://doi.org/10.56708/progres.v6i1.32

References

Wijaya Andi. 2011. Pengantar Riset Operasi (Tujuan, Pengertian, dan Langkah-Langkah Pengerjaan, Contoh serta Latihan Soal). Jakarta : Mitra Wacana Media.
Zulian Yamit. 2007. Manajemen Kuantitatif Untuk Bisnis. Yogyakarta : BPFE