Penerapan Metode Naive Bayes Pada Aplikasi Pengaduan Tenaga Kerja Pada Kantor Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar Penerapan Metode Naive Bayes Pada Aplikasi Pengaduan Tenaga Kerja Pada Kantor Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

grace ayuningsi

Abstract

Dinas ketenagakerjaan kota Makassar merupakan instansi pemerintahan yang menangani kasus pengaduan tenaga kerja, dengan adanya bidang Hubungan Industrial (HI) pihak tenaga kerja lebih mudah dalam menyelesaikan permasalahan yang dialami  Namun saat ini pihak tenaga kerja masih kesulitan dalam melakukan pengaduan karena terhambat oleh kondisi pendemi saat ini dan proses pengaduan masih terjadi secara manual karena tidak adanya media yang memfasilitasi untuk melakukan pengaduan secara online. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah aplikasi yang efektif dan efisien  untuk melaporkan masalah yang dialami para tenaga kerja. Metode yang digunakan yaitu Naive Bayes untuk mengelompokkan jenis pengaduan. Hasil dari penelitian ini dapat mengklasifikan pengaduan berdasarkan masalah yang dialami pihak tenaga kerja.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
ayuningsi, grace. (2021). Penerapan Metode Naive Bayes Pada Aplikasi Pengaduan Tenaga Kerja Pada Kantor Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar. Jurnal Informatika Progres, 13(2), 39-46. https://doi.org/10.56708/progres.v13i2.208

References

Daftar Pustaka
Ananta Dama Putra, P., Adi Purnawan, I. K., & Purnami Singgih Putri, D. (2018). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Mata dengan Fuzzy Logic dan Naïve Bayes. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), 6(1), 35. https://doi.org/10.24843/jim.2018.v06.i01.p04

Dewi, N. P. (2020). Sistem Pakar Mendeteksi Kerusakan Sepeda Motor Menggunakan Metode Naïve Bayes di Bengkel Motor SMK Islam Tanjung. 6(2), 8–14.

Kristen, U., Wacana, S., Kristen, U., Wacana, S.2017. “Sistem Informasi Kerusakan Laptop Menggunakan Metode Naive Bayes”.Jurnal Teknologi Elektro , Universitas Mercu Buana

LESTARI, Y. R. (2016). Perancangan Aplikasi Pengaduan Online Pada Masyarakat Di Desa Bandar Lor Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri, 1–10.

Masya, F., Elvina, & Simanjuntak, F. M. (2012). Sistem Pelayanan Pengaduan Masyarakat pada Divisi Humas Polri Berbasis Web. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2012 (SNATI 2012), 2012(Snati), 1–6.

Prasetya, D. R., Domai, T., & Mindarti, L. I. (2013). Dalam Rangka Pelayanan Publik ( Studi Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang ). 2(1), 1151–1158.

Sakir, A. (2018). Sistem Informasi Penanganan Pengaduan Tenaga Kerja Di Disnaker Provinsi Jatim. Doctoral Dissertation, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SURABAYA.

Wulandari, D. R. (2017). Rancang bangun aplikasi pengaduan tenaga kerja pada dinas tenaga kerja kota surabaya. Stikom Surabaya.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'