Penerapan Algoritma C4.5 Classifier Prediksi Penjualan Kartu Data Pada PT. XL Axiata, Tbk Makassar Penerapan Algoritma C4.5 Classifier Prediksi Penjualan Kartu Data Pada PT. XL Axiata, Tbk Makassar Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Lusri Lie
ilham anshori

Abstract


  1. XL Axiata, Tbk. Merupakan salah satu perusahaan operator penyedia layanan akses internet di Indonesia. Selalu berkomitmen kepada para pelanggan untuk memberikan yang terbaik dan berharap pelanggannya mendapatkan kenyamanan dan kemudahan dalam berkomunikasi. Salah satu produk andalannya yang dijual secara luas kepada masyarakat adalah XL Prioritas Unlimited yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas di dunia maya. XL Prioritas Unlimited, jenis paket data ini ada tiga jenis yaitu Silver, Gold dan Platinum. Tingkat permintaan ketiga jenis kartu ini berbeda-beda setiap bulan, ada kalanya penjualan kartu data XL Prioritas Silver Unlimited lebih tinggi dari jenis lainnya dibulan tertentu. Pemesanan jumlah produk yang dipesan setiap bulan, seharusnya dilakukakn berdasarkan pediksi jumlah penjualan bulan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan membentuk model klasifikasi pohon keputusan untuk memprediksi penjualan kartu data XL Prioritas Unlimited. Data yang digunakan adalah data penjualan kartu data yang sudah ada sebelumnya yaitu data pada bulan Januari – Juni 2021. Pembentukan model prediksi menggunakan algoritma C4.5 dilakukan perhitungan entropy dan information gain dimana atribut jenis, kuota, harga dan umur. Hasil dari penelitian ini menampilkan informasi prediksi penjualan kartu data XL Prioritas Unlimited lebih akurat yang menunjukkan bahwa algoritma C4.5 cocok digunakan untuk memprediksi penjualan kartu data XL Prioritas Unlimited.


Kata Kunci : Kartu, Prediksi, Algoritma C4.5.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Lie, L., & anshori, ilham. (2021). Penerapan Algoritma C4.5 Classifier Prediksi Penjualan Kartu Data Pada PT. XL Axiata, Tbk Makassar. Jurnal Informatika Progres, 13(2). https://doi.org/10.56708/progres.v13i2.206

References

[1] Medy, W. P. and Alviva, F. W. 2019. Implementasi Algoritma C4.5 Menggunakan Phyton Untuk Klasifikasi Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah STMIK Profesional, 49–55.
[2] Neyfa, B. C. and Tamara, D. 2016. Perancangan Aplikasi E-Canteen Berbasis Andorid Dengan Menggunakan Merode Object Oriented Analysis & Design (OOAD). British Medical Journal, Vol 1 (6001): 107–109.
[3] Pradian, H. 2015. Sistem Informasi Pengujian Mekanis Berbasis Web Di Uptd Pengujian Kendaraan Bermotor Kabupaten Trenggalek. Jurnal Deploma III PKB-B, 1–11.
[4] Prayoga, N. D. 2018. Penerapan Algoritma C.45 Dalam Memprediksi Kelulusan Tepat Waktu Pada Perguruan Tinggi (Studi Kasus : Stmik Royal Kisaran). Jurnal Ilmiah STMIK ROYAL.
[5] Putri, R. P. S. and Waspada, I. 2018. Penerapan Algoritma C4.5 pada Aplikasi Prediksi Kelulusan Mahasiswa Prodi Informatika. Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, Vol 4(1): 1.
[6] Setyawati, E. et al. 2021. Pengujian keamanan komputer kriptografi pada surat elektronik berbasis website dengan enkripsi metode MD5. Jurnal Manajemen Informatika Jayakarta, Vol 1 (1): 56–67.
[7] Sunge, A. S. 2018. Prediksi Kompetensi Karyawan Menggunakan Algoritma C4 . 5 ( Studi Kasus : PT Hankook Tire Indonesia ). Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2018, Vol 2018 (Sentika): 23–24.
[8] Swastina, L. 2013. Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Penentuan Jurusan Mahasiswa. Gema Aktualita, Vol 2 (1): 93-98.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'