IMPLEMENTASI ALGORITMA C4.5 MENGGUNAKAN PYTHON UNTUK KLASIFIKASI KEPUASAN KONSUMEN
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Kepuasan konsumen merupakan tingkat dimana anggapan terhadap produk sesuai dengan harapan para konsumen. Harapan konsumen umumnya merupakan prakiraan atau keyakinan konsumen tentang apa yang akan diterimanya bila telah membeli atau mengkonsumsi suatu produk. Kenyataannya, apa yang bisa memuaskan konsumen di satu situasi mungkin tidak bisa memuaskan konsumen yang sama di lain situasi. Ditambah dengan sistem keluhan konsumen yang hanya disediakan contact person oleh pihak restoran. Dengan demikian, kepuasan konsumen sangat sulit diketahui, karena tidak semua konsumen menghubungi contact person yang disediakan. Penelitian dilakukan pada rumah makan pallubasasrigala kota makassar dengan menebarkan angket kuisioner sebanyak 100 data.. Kemudian diolah dengan klasifikasi Decision Tree menggunakan algoritma C4.5. Dari proses klasifikasi akan menghasilkan beberapa aturan yang menyebabkan konsumen merasa puas dan tidak puas, serta seberapa besar konsumen merasa puas maupun tidak puas. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah Sistem ini dapat mengklasifikasikan konsumen merasa puas apabila pelayanan dirasa lumayan, product dirasa lumayan, fasilitas dirasa baik dan pelayanan dirasa ramah,dengan persentasi akurasi sebanyak 70 %.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
[2] Larose, D. T., & Larose, C. D. (2014). Discovering Knowledge in Data. https: //doi.org/10.1002/
[3] Triasanti, Dina. 2001. Konsep Dasar Phyton. Jakarta.
[4] Larose, D.T. 2005. Discovering Knowledge in Data: An Introduction to Data mining.
[5] Wiley Interscience. Ney Jersey. 9781118874059.
[6] Ilham, S.M.R. & Purwanto. 2015. Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma C4.5 untuk Prediksi Kepuasan Pelanggan Taksi Kosti. Tesis. Semarang: Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro Semarang.